Cornering

Pagi sob….cuaca sangat gak bersahabat ,lagi-lagi ….lagi rame tips and trick cornering di ranah fb.. Saya sih bukan ahlinya cornering tapi sedikit lah saya coba kasih masukan…… hampir semua rider pasti sering cornering…. cuman level ridernya yang membedakan…. rider biasa cornering ya biasa… bapak bapak ibu ibu dedek gemes juga cornering… cuman yang di sebut disini cornering dalam arti menikung dengan kecepatan yang lebih dari pada rider kebanyakan…. menikung dengan posisi kecepatan menengah hingga tinggi diperlukan skil yang mumpuni… berikut hal hal yang mempengaruhi cornering sukses atau tidak….

  1. Ban : Entah motor sport atau bebek ban sangat mempengaruhi keberhasilan cornering… ndak perlu musti ban ukuran ini itu… merk ini itu asal kembangan ban masih mumpuni untuk cornering hal hal semacam ukuran dan merk tidak perlu di kawatirkan…
  2. Velk : lebar vel jenis juga mempengaruhi…. velg jari jari dan velg palang balok.. mempengaruhi kestabilan di saaat kita cornering meskipun tidak terlalu signifikan..tapi sangat terasaperbedaan kestabilannya…
  3. Suspensi : suspensi ini pengaruhnya sangat besar sekali… karena dia meredam kekurangan karet ban…bumpynya jalan dan menjaga ayunan agar ban tetep ngegrip di jalan…. dan menjaga motor tetap pada jalurnya.bayangkan lagi enak cornering suspensinya mantul karena sedikit kena bump….kstabilan bubar…bannya gak ngegrip .. pasti geal geol…
  4. Komstir : buat yang kemahalan beli peredam stir..bisa di akali dengan sedikit mengencangkan komstir…. jarang sekali rider memperhatikan efek komstir ini…. padahal jika jalan pas nikung agak bumpy…. andil komstir ini sangat besar…karena menjaga stang agar tetap stabil..dan tidak ikutan goyang dombret…. kalopun jalanan nggak bumpy…tetep bisa stabil di kecepatan menengah dan tinggi…

Itu saja yang mungkin bisa saya share….selama ini point point itu yang saya perhatikan waktu riding…dan saya sangat suka sekali cornering di kecepatan tinggi….baik di kondisi hujan maupun kering….nah.. sensasi late braking kombinasi highspeed cornering ini sangat sangat membuai….wes…rasanga luarbiasa dah….trayek cornering yang biasa saya lalui adalah..

  • solo- purwodadi- blora : kombinasi jalan bumpy…cornering highspeed dengan sedikit kendaraaan yang lalu lalang…sangat memacu andrenalin…
  • solo-won0giri-pacitan-ponorogo : rata rata jalan halus dengan tikungan tikungan tajam…yang paling seru dari pacitan ke ponorogo… serasa balapan isle of man tt ,dengan pemandangan pinggir sungai..naik turun bukit…tikungan tajam…. luar biasa dan selalu memancing untuk terus di lahap.
  • solo – tawangamangu : jalan halus,cornering low speed dikombinasi tikungan tajam dan kontur jalan naik turun…jalan ini gak recomen buat cornering…disamping jalan ramai…aspal sangat licin…
  • solo-selo : kalo lewat jalur ini kayaknya asik buat lomba hill climb race….tikungannya asik buat di lahap…meski di kombinasi tanjakan di tikungan yang butuh konsentrasi lebih… karena lalai dikit…bisa bisa masuk jurang…
  • wonogiri – purwantoro : kontur jalan mirip mirip pacitan ponorogo….

Cukup segini ulasan yang saya ambil dari pengalaman riding bertahun tahun di jalan…..

Meski skil mumpuni…gak recomen pokoknya kalo mau cornering di jalan raya…. kunci kornering adalah di kestabilan… mau tenaga kecil maupun sekuat badak…asal motor stabil..enak aja buat cornering…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s